TUGAS KEPEMIMPINAN DAN INOVASI

1.MENGAPA KONSEP PERLU DIUKUR ? APA ASPEK ASPEK DARI PENGUKURAN KONSEP ?

Jawaban :

Karena,adanya dua bahasa yaitu:
1.bahasa teoritis
                2.bahasa operasional
Kedua aspek tersebut pengukuran yaitu:
1.penetapan aras ukuran
                2.pemilihan indicator empiric

  1. APA KAITAN ANTARA PENGUKURAN KONSEP DAN DEFINISI DARI KONSEP TERSEBUT ?

Jawaban :

Konsep adalah simbol yang diberi makna tertentu melalui definisi dan menunjuk pada referensi empirik atau fakta tertentu pula. konsep merupakan unsur dasar untuk membangun sebuah teori.anda perlu dikuasai cara merumuskan konsep dan cara mengukur konsep.

  1. DISKUSIKAN BAGAIMANA MENTAUTKAN BAHASA TEORITIS DENGAN BAHASA OPERASINAL ?
    Jawaban:
    Blalock (1968) baiklah disadari bahwa sejalan dengan dua aras dalam kiblat pikir,terdapat pula dua bahasa yang berbeda,yaitu teoritis dan operasional.konsep berada dalam ranah bahasa teoritis atau abstrak.agar dapat ditelaah secara empirik (operasional),pertama-tama perlu diukur.
    Blalock mengusulkan dibentuk “a specific auxiliary theory” yaitu “ a whole set of additional assumptions,many of which will be inherently untestable”. Kaitan antara konsep dengan indikator empiriknya,dan antara teori utama(main theory) dengan teori penunjang (auxiliary theory)

    4.APA YANG DIMAKSUD DENGAN EPISTEMIC CORRELATION ?

Jawaban:

Epistemic correlation berfungsi mentautkan secara kausal antara bahasa teotiris (konsep) dengan bahasa operasional (indikator empirik).bentuk epistemic correlation adalah pernyataan dan merupakan sebuah asumsi apriori. Cabang filsafat yang berkaitan dengan asal,sifat,karakter dan jenis pengetahuan.termasuk salah satu yang paling penting sering diperdebatkan dan dibahas dalam bidang safat,misalnya tentang apa itu pengetahuan,bagaimana karakternya,macamnya serta hubungannya debgan kebenaran dan keyakinan.

 

 

 

 

5.BUATLAH BAGAN AGAR JELAS KAITAN ANTARA KONSEP, EPISTEMIC DAN INDIKATOR EMPIRIK. BERI CONTOH !

no5(2)

 

 

 

 

 

6.JELASKAN TIGA STRATEGI UNTUK MENGUKUR SEBUAH KONSEP !

Jawaban:

1.indikator empirik tunggal
a. Bahwa indikator empirik tunggal yang digunakan itu adalah indikator yang tepat,artinya            indikator itu mampu menangkap secara empirik sebagian terbesar makna yang dikandung     konsep yang diukur (isomorphy relatif tinggi)
b.bahwa tidak terjadi kesalahan spesifikasi (heise,1969) atau differential bias seperti yang           dimaksud costner (1969)

  1. Indeks yang mungkin lebih sering digunakan untuk mengukur konsep adalah indeks.indeks merupakan penggabungan beberapa indikator individual menjadi sebuah ringkasan skor. Perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam usaha membangun indeks disebabkan oleh:
  • Jumlah indikator empirik yang digunakan dalam suatu indeks,
  • Bobot yang diberikan berbeda-beda pada indikator empirik-empirik dalam indeks,
  • Cara menggabungkan indikator empirik- indikator empirik
  1. Indikator empirik jamak dasar dari teknik ini sama dengan indeks yaitu kedua-duanya menggunakan lebih dari satu indikator empirik.Namun teknik ini berbeda dari indeks dalam hal bahwa pada strategi ketiga ini,jati diri dari masing-masing indikator empirik itu tetap dipertahankan;jadi tidak digabung menjadi sebuah ringkasan skor.

7.DALAM PENGUKURAN KONSEP ADA TIGA HAL PENTING, YAITU ISOMORPHY , KESAHIHAN, DAN KEANDALAN. URAIKANLAH KAITAN KETIGA HAL TERSEBUT !
Jawaban:
                ISOMORPHY: Derajat tepat-tindih antara liputan substansi empirik oleh indikator empirik dengan substansi konseptua dalam definisi konsep.

                KESASIHAN: Dimpulkan dari bukti konseptual,yaitu sejauh mana nisbah antar indicator empiric konsisten dengan dedukasi dari struktur teoritis.

                KEANDALAN: Sebuah indikator empirik menyatakan sejauh mana indikator empirik yang digunakan itu menghasilkan liputan substansi empirik yang sama dan konsisten pada setiap kali pengukuran pada waktu dan situasi yang berbeda.

Leave a comment